Ciri-Ciri Media Sosial

ciri-ciri media sosial

Ciri-ciri media socialbikinlaris.com. Menurut Joyce Kasman Valenza (2014) media sosial adalah platform internet yang memungkinkan bagi individu untuk berbagi secara segera dan berkomunikasi secara terus menerus dengan komunitasnya.

Ciri – Ciri Utama dari Media Sosial Beserta Fungsinya

Tidak semua hal yang ada di internet merupakan media sosial. Sebuah platform internet dapat disebut sebagai media sosial bila memiliki ciri-ciri media sosial berikut.

a. User Based

User atau pengguna adalah bagian penting dari media sosial. Seperti yang telah dijelaskan di awal artikel, media sosial adalah media yang dapat digunakan oleh individu untuk berbagai dan berkomunikasi. Tanpa adanya user, siapa yang akan berbagi dan berkomunikasi? Tentu saja tidak ada.

Siapa yang disebut sebagai user di sini? Mereka yang memiliki akun media sosial tersebut, kemudian berinteraksi dengan user lain.

b. Interaktif

Televisi dan media cetak bukanlah media interaktif karena tidak terjadi diskusi antara sender (pengirim pesan) dengan receiver (penerima pesan). Penonton televisi maupun pembaca media cetak bisa saja memiliki suatu opini atas pesan yang diterimanya, tetapi ia tidak bisa menyampaikannya langsung pada pembawa acara, reporter, narasumber maupun penulis di TV maupun media cetak.  Para pengirim pesan tidak akan tahu opini-opini apa saja yang muncul di pikiran para receiver.  Hanya satu pihak yang aktif memberikan informasi, yaitu sender.

Sementara media sosial merupakan media yang interaktif karena ketika seorang user membagikan sebuah konten, dengan cepat user lainnya bisa menanggapi, user yang membagikan konten tadi langsung tahu tanggapan orang-orang, ia bisa langsung balas menanggapi tanggapan tersebut.

Contohnya saja status Facebook. Ketika Anda membagikan suatu opini, teman-teman Facebook Anda akan memberikan reaksi entah itu menyukai, heran, kaget, marah, dan sebagainya. Beberapa dari mereka akan mengomentari status Anda. Anda bisa cek siapa saja yang memberikan reaksi dan komentar. Anda bisa membalas komentar-komentar mereka sehingga tercipta ruang diskusi.

Ciri media sosial yang interaktif ini membuat media sosial dapat dimanfaatkan untuk bekerja maupun belajar jarak jauh.

c. Berkonsep Komunitas

Media sosial dibuat dan dikembangkan berdasarkan konsep komunitas yang ada di masyarakat. Komunitas-komunitas di masyarakat umumnya tercipta atas dasar kesamaan misalkan sama-sama hobi bersepeda, sama-sama tertarik belajar saham, dan sebagainya, sehingga tercipta lah komunitas sepeda, komunitas investor, dan lain-lain. Konsep tersebut akhirnya diadaptasi dan dikembangkan melalui media sosial.

Oleh karena itu sebagian besar media sosial akan memberikan pertanyaan kepada user baru apa hobi dan ketertarikan Anda. Tujuannya adalah untuk menemukan user lain dengan hobi dan ketertarikan serupa dengan Anda.

d. Isi Konten Tidak Terbatas

Media sosial memiliki konten yang tidak terbatas karena siapa saja bisa membagikan ide mereka. Tidak perlu memikirkan apa kata orang lain nantinya, begitu user memiliki ide konten, ia bisa langsung merealisasikannya. Berbeda dengan TV dan radio di mana konten telah diatur oleh pihak manajemen. Ketika penonton maupun pendengar memiliki suatu ide lalu menyarankannya kepada pihak TV maupun radio belum tentu didengar oleh pihak manajemen. Selain itu, konten-konten di TV dan radio sudah sesuai jadwal. Selalu itu-itu saja.

Jenis konten yang tidak terbatas menjadikan para user betah bermedia sosial. Momen ini merupakan kesempatan emas bagi orang-orang yang hendak mempromosikan suatu produk maupun jasa melalui konten promosi yang menarik dan mengandung ajakan untuk membeli jasa maupun produk secara tersirat.

e. Konten Realtime dan Tersebar dengan Cepat

Ketika Anda mengunggah foto di instagram, satu detik kemudian followers Anda bisa langsung melihat foto tersebut. Mereka yang menyukai foto tersebut bisa langsung membagikannya ke user lain dengan cara me repost foto tersebut maupun menyebarkannya melalui instagaram story. Begitu pula dengan platform media sosial yang lain, begitu Anda membagikannya kepada orang-orang, mereka bisa langsung melihatnya.

Ciri-ciri media sosial yang satu ini tentu sangat berbeda dengan TV dan media cetak yang butuh waktu lama untuk menyebarkan konten.

Konten realtime dan pesebaran yang sangat cepat terjadi membuat media sosial sangat pas dijadikan sebagai media branding atau promosi, untuk perusahaan maupun perseorangan.

f. Pengguna Menentukan Waktu Interaksi

Waktu interaksi dalam media sosial tidak terbatas. Ketika Anda membagikan suatu konten. Orang-orang yang melihatnya bisa jadi hanya melewatinya, kemudian baru memutuskan untuk benar-benar melihatnya di kemudian hari.

Ketika ada user yang mengomentari konten Anda, Anda mungkin telah membacanya, tapi kapan Anda akan membalas komentar tersebut maka terserah Anda.

g. Konten Memiliki Catatan Waktu Diterbitkan

Catatan waktu kapan konten diterbitkan tercatat jelas, tidak hanya tanggal dan hari, tapi jam, menit hingga detik juga tercatat dengan detail. Terkadang, lokasi penerbitan juga bisa tercatat asal user yang menyebarkan konten memberi keterangan.

Adanya keterangan waktu membuat para penerima atau penikmat konten tahu apakah konten tersebut masih relevan atau tidak, serta untuk membedakan mana konten hoax dan mana yang bukan. Misalkan, media online A terkemuka membagikan berita banjir di kota ABC pada bulan November 2019. Kemudian ada orang lain yang membagikan konten tersebut dengan mengganti judul bahwa banjir tersebut terjadi pada bulan November tahun ini. Sehingga terciptalah kabar hoax. Namun, karena sumber berita tersebut jelas, user dapat mengecek langsung ke akun media sosial media online A kapan berita tersebut diterbitkan untuk memastikan apakah orang tersebut menyebarkan berita yang sesungguhnya atau menyebarkan hoaks.

Itulah ciri-ciri utama media sosial dan manfaatnya. Sebenarnya masih banyak ciri dan manfaat media sosial, untuk lebih menemukannya Anda bisa melakukan observasi dari pengalaman menggunakan media sosial. Jika kamu ingin mengetahui ciri media sosial apa yang cocok untuk bisnis dan personal brandingmu, hubungi kami di 0812 2885 5915 untuk info selengkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *