Hosting dan Domain

hosting dan domain

Hosting dan domainbikinlaris.com. Hosting dan domain adalah hal yang wajib diketahui oleh setiap orang yang hendak membuat website baik website untuk pribadi, bisnis maupun lembaga nonprofit sebab tanpa adanya hosting dan domain maka sebuah website tidak akan ada. Lantas apa sebenarnya hosting dan domain, kenapa tanpa kehadirannya maka sebuah website tidak bisa dibuat?

Perbedaan Hosting dan Domain

Untuk memahami perbedaan keduanya kita mesti membahas pengertian hosting dan domain terlebih dahulu.

perbedaan hosting dan domain

Hosting

Hosting adalah media penyimpanan objek-objek atau asset website Anda. Dapat dikatakan bahwa hosting merupakan hardisk tempat menyimpan database, template, gambar, dan objek-objek website lainnya.

Hardisk tidak bisa Anda dapatkan secara gratis jadi Anda harus menyewanya di jasa penyedia hosting. Namun, beberapa jasa penyedia hosting akan memberikan hosting gratis maupun diskon biaya sewa jika Anda baru pertamakali menjadi klien mereka.

Contoh Hosting

Saat ini terdapat 4 jenis hosting yang banyak digunakan, yaitu:

a. Shared Hosting

Shared hosting adalah hosting yang digunakan oleh lebih dari 1 website. Jenis hosting ini sangat pas untuk Anda yang baru akan memulai sebuah website maupun untuk website. Dengan traffic atau pengunjung yang tidak begitu banyak karena hosting ini sepenuhnya akan dikelola oleh pihak penyedia hosting.

Kelebihan shared hosting adalah:

Biaya murah, karena bukan hanya Anda yang menggunakan hosting tersebut, orang lain juga menggunakannya. Jadi dapat dikatakan jika Anda dan mereka iuran untuk menyewa “hardisk online

Kekurangan shared hosting adalah:

Website Anda sewaktu-waktu bisa down karena hosting digunakan oleh banyak orang. Seperti halnya komputer yang digunakan untuk membuka banyak aplikasi kemudian hang, shared hosting yang diakses oleh banyak pemilik website dalam waktu yang berasmaan juga bisa down

b. VPS (Virtual Private Server)

VPS sebenarnya mirip dengan shared server: sebuah hardisk fisik digunakan oleh banyak orang. Bedanya, VPS server memberikan setiap pengguna ruang yang berbeda.

Bingung? Sederhananya begini, shared server merupakan apartemen model studio yang tidak memiliki sekat untuk setiap ruangan. Apartemen studio tersebut Anda gunakan dengan teman-teman Anda, karena tidak memiliki sekat tidak ada ruang privasi. Semua orang berhak mengakses seluruh bagian di apartemen tersebut.

Sementara VPS adalah apartemen yang memiliki sekat. Anda dan teman-teman Anda memiliki kamar tidur sendiri-sendiri. Meskipun berada di apartemen yang sama, bisa jadi luas kamar Anda dengan kamar teman Anda berbeda. Jika kamar Anda lebih luas dibandingkan kamar teman Anda, kamar tersebut bisa digunakan untuk tidur hingga 3 orang. Sedangkan kamar teman Anda hanya bisa untuk tidur satu orang. Ketika Anda membawa orang lain untuk tidur di kamar Anda, tentu itu tidak akan memengaruhi luas kamar teman Anda.

Jadi, meskipun Anda dan orang lain berbagi server fisik yang sama, padatnya jumlah pengunjung website orang lain tidak akan memengaruhi kecepatan akses website Anda. Jadi, kalau Anda menggunakan VPS maka website jarang down.

Kelebihan VPS:

  • Jika dibandingkan server di atas, harganya lebih murah
  • File lebih teratur, tidak akan terjadi kesalahan manajemen karena file-file website Anda dan file-file website orang lain berada di ruangan yang berbeda
  • Keamanan lebih terjaga karena Anda memiliki “ruangan privasi”
  • Website jarang down karena tidak berbagi “ruangan” yang sama.

Kekurangan VPS:

  • Lebih mahal dibandingkan shared server
  • Anda harus memahami Teknik pengelolaan server setidaknya yang paling dasar

c. Dedicated Server

Dedicated server adalah server yang Anda gunakan sendiri. Tidak ada orang lain di server tersebut, jadi ruangn penyimpanan lebih luas, Anda bebas melakukan apapun.

Namun karena 1 hardisk Anda sewa seorang diri maka biaya penyewaannya pun tentu jauh lebih mahal dibandingkan shared server dan VPS.

d. Cloud Server

Cloud server adalah 1 server yang merupakan gabungan dari banyak server. Server ini merupakan solusi bagi Anda yang memiliki website dengan traffic tinggi. Ketika 1 server terlalu ramai dan tidak dapat diakses, server pusat akan mengalihkannya pada server lain yang tidak terlalu ramai. Ini membuat website tidak akan down.

Domain

apa itu domain website

Facebook.com, Wikipedia.org, Google.co.id, Indonesia.go.id, nama-nama atau alamat website tersebut merupakan domain. Tanpa adanya domain-domain tersebut, tentu Anda akan kesulitan mengakses sebuah serber website.

Kesulitan mengakses, apakah artinya  tanpa domain sebuah website tetap bisa diakses?

Ya, sebuah website sebenarnya masih bisa diakses tanpa adanya domain, kita dapat mengaksesnya menggunakan alamat IP. Setiap website pasti memiliki alamat IP. Contohnya adalah website www.wikipedia.org, ia memiliki  IP 208.80.154.224 (itu hanya salah satu IP, Wikipedia memiliki banyak IP), ketika Anda mengetikkan alamat IP tersebut pada browser Anda pasti Anda akan masuk ke halaman utama Wikipedia.org.

Jika bisa diakses menggunakan alamat IP, kenapa website memerlukan domain? Jawabannya sebenarnya sangat mudah: manusia lebih mudah mengingat kata atau kalimat ketimbang deretan angka.

Sekarang bayangkan jika ada banyak website yang harus Anda kunjungi, tetapi untuk mengakses semua website tersebut Anda harus mengetikkan alamat IP, bukan nama domain, tentu Anda akan kewalahan. Jika Anda tidak hapal alamat IP website-website tersebut, Anda tidak boleh kehilangan catatan alamat IP. Selain itu Anda harus memastikan bahwa angka-angka yang Anda ketikkan pada browser sesuai dengan alamat IP website yang Anda tuju, jika salah 1 angka saja maka Anda akan mengakses website yang berbeda—sama dengan nomor ponsel yang jika salah ketik 1 angka saja maka Anda akan menghubungi orang lain.

Nama domain dapat dikatakan sebagai alamat rumah. Tanpa adanya alamat rumah maka orang-orang tidak dapat berkunjung ke “rumah” Anda. Alamat rumah dengan bahasa atau ejaan yang sulit dipahami oleh orang lain tentu akan membuat orang tersebut sulit mengingat alamat rumah tersebut. Mereka bisa salah menuju rumah orang lain yang alamatnya mirip tetapi lebih mudah untuk dihafalkan.  Demikian denagn alamat domain, sangat penting untuk memilih alamat domain yang mudah diingat oleh orang lain. Oleh karena itu alamat domain biasanya hanya terdiri dari 1 hingga 3 kata.

Sub Domain

Domain memiliki “anak” yang disebut sub domain. Sub domain terletak di awal nama website. Contohnya adalah id.wikipedia.org. ID  di depan kata Wikipedia merupakan sub domain. Fungsi sub domain adalah memudahkan orang-orang untuk mengakses bagian-bagian tertentu dari website Anda.

Ketika Anda mengakses Wikipedia.org, Anda akan dihadapkan pada pilihan berbagai macam bahasa, Anda dapat memilih bahasa yang Anda inginkan. Namun, langkah tersebut akan membuat Anda kerja dua kali: membuka Wikipedia.org, lalu memilih bahasa. Akan lebih praktis jika Anda langsung mengakses sub domain Wikipedia sesuai bahasa yang Anda inginkan seperti id.wikipedia.org. Jika Anda mengakses domain tersebut Anda akan langsung diarahkan ke Wikipedia bahasa Indonesia. Jika ingin langsung masuk ke Wikipedia bahasa Inggris maka Anda bisa langsung mengetikkan en.wikipedia.org.

Contoh Domain

contoh domain

Saat ini banyak sekali domain yang bisa Anda pilih, di antaranya adalah:

  • .com (dapat digunakan untuk web apapun)
  • .co (dapat digunakan untuk web apapun)
  • .id dapat digunakan untuk web apapun)
  • .org (digunakan untuk website organisasi/komunitas)
  • .web (dapat digunakan untuk web apapun)
  • .net (dapat digunakan untuk web apapun)
  • .news (bisa digunakan untuk website media berita)
  • .online (digunakan untuk web apapun)
  • .co.id (digunakan untuk web apapun)
  • .web.id (digunakan untuk web apapun)
  • .ac.id (digunakan untuk perguruan tinggi)
  • .sch.id (digunakan untuk sekolah)

Contoh domain di atas baru sebagian, masih banyak contoh domain lainnya. Sementara untu sub domain bisa dibuat bebas sesuka hati, asal sesuai dengan isi bagian web dan mudah diingat.

Demikian pengertian, jenis-jenis, dan perbedaan hosting dan domain. Ingin memiliki website untuk bisnis maupun organisasi Anda, tetapi bingung di mana harus membeli hosting dan domain? Hubungi Bikinlaris.com, kami siap membantu Anda mencari hosting dan domain terbaik untuk website Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *