Trend Media Sosial di Tahun 2020

trend media sosial di tahun 2020

Trend media sosial di tahun 2020bikinlaris.com. Memahami dan mengikuti trend media sosial bagi pelaku bisnis sangatlah penting karena kini media sosial menjadi media branding yang wajib. Supaya tidak ketinggalan trend media sosial, berikut trend media sosial di tahun 2020 yang mesti Anda ketahui.

1. Media Sosial sebagai Market Place

Instagram dan WhatsApp sebagai media penjualan bagi online shop-online shop kecil bukanlah hal baru. Bukan hal baru artinya bukan berarti sudah basi. Justru trend instagram, WhatsApp, dan media sosial lain sebagai media promosi justru semakin meningkat. Meningkatnya trend tersebut membuat instagram sadar betul bahwa banyak pebisnis yang memanfaatkan platform tersebut untuk berjualan, hal itu dibuktikan dengan adanya fitur label harga pada foto-foto produk yang dibagikan melalui instagram.

Jauh sebelum instagram, WhatsApp telah menciptakan alternatif lain untuk para pebisnis, yaitu WhatsApp Business yang terdiri dari fitur-fitur yang akan memudahkan para pebisnis untuk membalas chat dari klien, fitur-fitur tersebut tidak dimiliki pada WhatsApp biasa.

2. Story, Fitur Promosi yang Wajib 

Story awalnya dimiliki oleh Snapchat. Kemudian diadapatasi oleh instagram. Instagram story akhirnya menjadi booming. Dengan boomingnya story instagram, Facebook dan WhatsApp pun kini memiliki story.  Story menjadi hal yang menarik di WhatsApp, sementara di instagram, orang-orang lebih senag melihat story karena isinya singkat dan up to date, berbeda dengan feed home instagram yang munculnya tidak sesuai dengan tanggal update tetapi tergantung banyaknya komen, like, share, dan jumlah orang yang melihat postingan tersebut.

Selain itu, youtube juga memiliki fitur story. Meskipun tidak sepopuler story instagram dan whatsapp, para pengguna youtube tetap tertarik untuk mengecek story channel-channel yang mereka subcribe.

Karena menjadi fitur yang paling banyak dilihat oleh pengguna media sosial, para pelaku bisnis wajib berpromosi melalui story. Story bisa digunakan untuk mengiklankan promo, mengarahkan audiens untuk menuju ke market place maupun chat whatsapp, hingga menuju ke postingan instagram.

3. Konten Video Paling Banyak Diminati

Kini konten video lebih banyak diminati. Komentar pada postingan berupa video lebih menarik ketimbang postingan berupa foto saja. Bila tidak percaya coba kunjungi akun instagram sebuah media dengan followers mencapai ratusan ribu, cek postingan gambar dan postingan video akun tersebut, pasti postingan video memiliki lebih banyak komentar dan jumlah like.

Bukti lain bahwa konten video lebih banyak diminati adalah banyaknya audiens yang kini lebih senang menonton konten-koten di Youtube ketimbang platform media sosial lainnya.

Oleh karena itu, membuat gambar produk/promosi jasa yang menarik saja tidak cukup, para pebisnis perlu membuat video yang menarik agar mendapatk perhatian dari banyak audiens.

4. Chat Boot Sangat Diperlukan

Chat boot atau mesin chat otomatis di tahun 2020 ini mulai populer, bagi pelaku usaha, mesin chat ini sangat diperlukan.

Contoh mesin chat adalah jawaban otomatis pada whatsapp maupun marketplace. Kita bisa mengatur kapan jam operasional kita, ketika ada customer yang chat di luar jam operasional maka chat otomatis akan memberitahu jika layanan Anda sedang tutup dan akan buka pada jam sekian hingga jam sekian.

Tidak lama lagi, chat boot tidak sebatas dapat memberikan chat otomatis di luar jam operasional, tapi juga dapat disesuaikan dengan pertanyaan-pertanyaan para customer. Hal ini tentu akan memudahkan para pelaku bisnis dalam melayani customer. Customer juga akan merasa senang karena chat mereka cepat dibalas.

5. Teks Gambar Carousel Tengah Booming

Carousel atau slider pada instagram awalnya digunakan untuk membagikan foto-foto dalam satu momen atau yang masih saling berkaitan dalam 1 postingan. Namun setahun belakangan, banyak akun instagram yang membagikan informasi berupa teks dalam bentuk gambar yang dibagikan melalui carousel.

Dalam satu slide terdiri dari 1 kalimat singkat, kalimat lainnya disambung pada slide selanjutnya, begitu seterusnya hingga tulisan selesai. Font tulisan tersebut dibuat besa-besar dengan pemilihan warna font dan background yang nyaman dipandang. Tujuan pembuatan teks seperti ini adalah agar audiens tidak malas membaca.

Sekarang coba posisikan Anda sebagai seorang pembaca. Ketika Anda melihat gambar teks yang terdiri dari paragraf-paragraf panjang dengan gambar teks yang terdiri dari kalimat-kaliamt singkat, Anda tentu lebih betah untuk membaca gambar teks yang kedua. Oleh karena itu, bila Anda hendak membuat konten tulisan informatif sebaiknya buat dalam bentuk teks gambar carousel.

6. Peran Influencer Tetap Dibutuhkan

Endorse yang dilakuakn oleh para influencer sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Bahkan sekarang rasanya menjadi influencer merupakan trend media sosial di tahun 2020. Semakin banyak orang-orang yang menjajal sebagai influencer.

Meskipun sepertinya banyak influencer dadakam, toh nyatanya mereka sungguhan memiliki banyak penggemar fanatik. Kefanatikan para penggemar mereka menjadikan para influencer tetap dibutuhkan untuk mempromosikan sebuah brand terutama untuk produk-produk make up dan fashion. Jadi, bagi para pelaku usaha yang belum pernah menggunakan jasa influencer, bisa menjajalnya.

Dalam menggunakan jasa influencer, sangat penting untuk melihat profil atau latar belakang influencer tersebut dan melihat audiens sasaran Anda. Misalkan, Anda ingin memasarkan produk asuransi pendidikan. Maka audiens Anda merupakan para merupakan para orang tua dari kalangan menengah ke atas di perkotaan, tertuama  orang tua muda yang memiliki manajemen keuangan baik dan telah memiliki rencana ke depan untuk anak-anak mereka. Lalu pilihlah influencer yang memiliki fans para orang tua  muda tersebut.

Itulah trend media sosial di tahun 2020. Di tahun mendatang, kemungkinan besar trend tersebut tidak berubah. Namun kabarnya instagram akan menghilangkan fitur “like” atau “love”. Mari kita tunggu apakah instagram betul-betul akan menghilangkan fitur tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *