Tujuan Media Sosial

tujuan media sosial

Tujuan media sosialbikinlaris.com. Media sosial bukan hal yang asing lagi bagi sebagian besar penduduk di seluruh dunia, khususnya Indonesia. Media sosial telah menjadi aktivitas sehari-hari. Setiap orang yang memiliki ponsel cerdas, pasti membuka media sosial, setidaknya sehari sekali, dalam durasi waktu tertentu.

Tujuan utama diciptakan media sosial adalah untuk mempermudah komunikasi.  Seiring berjalannya waktu, media sosial juga berfungsi sebagai saran hiburan. Akhirnya muncul lah banyak media sosial dengan tujuan hiburan.

Meski tujuan awalnya adalah untuk berkomunikasi dan mencari hiburan bagi individu, kini media sosial juga dimanfaatkan oleh komunitas, organisasi, instansi maupun perusahaan untuk kepentingan masing-masing. Melihat fenomena tersebut akhirnya platform-platform media sosial yang tadinya hanya memiliki tujuan untuk komunikasi dan hiburan mengembangkan fitur mereka agar selaras dengan tujuan media sosial bagi komunitas, organisasi, instasi maupun komunitas. Bahkan kini banyak software developer yang menciptakan konsep media sosial sesuai dengan kebutuhan komunitas, organisasi, intansi maupun perusahan.

Untuk lebih jelasnya apa saja tujuan media sosial untuk kelompok-kelompok tersebut, silakan simak penjelasan mengenai tujuan membuta medsos berikut ini:

 

Tujuan Media Sosial untuk Komunitas, Organisasi, Intansi maupun Perusahaan

1. Berkomunikasi

Seperti tujuan utama media sosial pada umumnya, bagi komunitas, prgansiasi, instansi maupun perusahaan, media sosial diciptakan untuk berkomunikasi.

Media sosial seperti WhatsApp dan Line berfungsi untuk berkomunikasi antar anggota/karyawan, antar pimpinan maupun antar pimpinan dengan karyawan/anggota. Selain itu juga digunakan untuk berkomunikasi antara pihak komunitas, organisasi, instansi aupun perusahaan dengan klien.

2. Dokumentasi

Media sosial juga bertujuan untuk dokumentasi event besar yang menyangkut masyarakat umum maupun kegiatan yang hanya diselenggarakan oleh orang-orang di lingkup komunias, organisasi, instansi maupun perusahaan.

Bagi organisasi maupun instansi nonprofit yang bergerak di bidang sosial, dokumentasi sangatlah penting karena menjadi bukti dan bentuk pertanggungjawaban terhadap para donatur bahwa dana sumbangan yang telah terkumpul benar-benar diberikan oleh orang-orang yang berhak menerima sumbangan tersebut, sesuai dengan tujuan awal digalangnya dana.

3. Eksistensi Diri

Bagi komunitas, media sosial bertujuan untuk menunjukkan eksistensi diri kepada dunia. Selain itu juga untuk memberikan informasi kegiatan apa saja yang akan dilakukan jika seseorang bergabung dengan komunitas tersebut.

4. Branding dan Promosi

Banyaknya jenis konten media sosial membuat media sosial tidak hanya berfungsi sebagai media komunikasi, tapi juga menjadi media hiburan dan mencari informasi bagi masyarakat. Momen ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan dan instansi untuk memberikan konten hiburan dan informatif bagi masyarakat yang masih ada kaitannya dengan brand-brand perusahaan/instansi.

Contohnya perguruan tinggi. Branding dapat dilakukan dengan mengenalkan jurusan-jurusan yang ada di perguruan tinggi tersebut dengan cara yang unik seperti menggunakan infografis maupun animasi agar para calon mahasiswa tidak merasa sedang membaca iklan.

Banyaknya konten menarik yang dibagikan akan membuat akun media sosial perusahaan maupun instansi diikuti dan dikunjungi banyak orang. Pada saat tertenu, perusahaan maupun instansi bisa membagikan konten promosi secara terang-terangan.

5. Media Penjualan

Berubahnya pola belanja masyarakat dari pola konvensional ke belanja online membuat perusahaan harus beradaptasi dengan pola belanja masyarakat tersebut. Berjualan melalui marketplace besar terkadang tidak begitu menguntungkan bagi beberapa perusahaan karena pencairan dana cukup lama, selain itu terkadang terkena potongan.

Sementara membangun website e-commerce membutuhkan dana dan SDM yang tidak sedikit. Oleh karena itu media sosial merupakan pilihan paling pas bagi perusahaan untuk berjualan.

Contoh Media Sosial

Saat ini ada banyak media sosial, tetapi tidak semuanya terkenal. Berikut contoh media sosial yang mesti dimiliki oleh komunitas, organisasi, instansi maupun perusahaan.

  • Facebook
  • Instagram
  • WhatsApp maupun Telegram

Sekian penjelasan tentang tujuan media sosial, terutama untuk perusahaan, instansi, organisasi maupun komunitas Anda. Jika Anda butuh tempat desain konten media sosial, Anda bisa menghubungi kami di 0812 2885 5915 atau kunjungi website kami untuk informasi selengkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *